Wayan Jagri Ukir

Seni ukir merupakan salah satu komoditi yang merupakan warisan dan berkembang  di Desa Singapadu Tengah. Sepanjang jalan utama di Desa Singapadu Tengah banyak tempat pengrajin ukiran salah satunya adalah Ukiran Jagri. Jenis Produk ukiran yang bisa dikerjakan I Wayan Jagri seperti  meja,Kusen Jendela dan pintu ukir Bali. Ciri khas yang bisa dijumpai pada ukiran Wayan Jagri adalah ukiran Bali daerah gianyar yang telah di kombinasikan dengan ukiran Gaya Singaraja.

I WAYAN JAGRI merupakan pemilik usaha ukir Jagri yang  Beralamat di Br. Negari, Desa Singapadu Tengah Kecamatan Sukawati,  kerajinan Ukiran  ini sudah beridiri sejak tahun 1998 yang dimana sebelumnya dulu beliau mendirikan usaha nya sendiri dan mengajak pekerja sebanyak 30 orang seiring berjalanya waktu para pekerja mengundurkan diri karena gaji yang diberikan Kurang untuk mencukupi kebutuhan harian, dan sampai pada tahun 2018 sisa pekerja berjumlah 5 orang, pada tahun 2019 ini Pak Jagri mulai sendiri menjalankan usahanya dan beliau menyampaikan bahwa beliau sudah tidak menerima orderan di tahun 2019 karna usia beliau yang semakin tua beliau hanya memproduksi untuk diri nya sendiri dan terus membuat karya nya sendiri,  dan Seni Ukir Jagri sendiri sudah pernah mengikuti perlombaan seni ukir tingkat daerah dan beliau selalu menjuari perlombaan tersebut. Mengapa beliau bisa dikatakan selalu juara di setiap perlombaan anatara daerah karna beliau sendiri belajar seni ukir di masa beliau menjenjang pendidikan sekolah dasar sampai saat ini, sudah banyak pelajar bahkan mahasiswa yang beliau ajarkan  mengenai seni ukir dan bahkan sukses dalam bidang seni ukir beliau menjadi panutan para seniman ukir lainnya.

Ukiran dibuat sesuai dengan orderan dari pelanggan baik untuk melengkapi bangunan style Bali dan ada juga yang  untuk pajangan mempercantik bangunan. Kendala yang dihadapi ketika orderan menumpuk Wayan Jagri kewalahan karna pekerja yang dimiliki jumlahnya minim, karena talenta Tukang Ukir yang berkompeten saat ini susah untuk ditemui, karena anak muda di sekitar minatnya untuk terjun dikerajinan Ukir semakin sedikit. Untuk Pemasaran patung ini masih tergolong konvensional karena masih dari mulut ke mulut dan belum menggunakan sentuhan teknologi secara menyeluruh. Meskipun Pemasaran masih tergolong konvensional, tetapi seni kerajinan Ukir Wayan Jagri  telah mendunia,  touris dari belanda, perancis dan norwegia sudah banyak  yang memesan seni ukir Wayan Jagri.  Ciri khas dari kerajinan Ukiran dan Patung Tradisi Gaya Gianyar yang di kombinasikan dengan daerah Buleleng di Desa Singapadu Tengah ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk meminang Ukiran Wayan Jagri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: