PPDM Desa Singapadu Tengah oleh Universitas Warmadewa

Kamis (14/3/2019) Sosialisasi dan Pemantapan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati,Kabupaten Gianyar sebagai Desa Wisata Budaya Berbasis Rumah Adat dan Sumber Daya Alam oleh Universitas Warmadewa.

PPDM dilaksanakan dalam bentuk jaringan kerjasama yang sinergis antara berbagai pemangku kepentingan dan berorientasi pada kemandirian masyarakat. Adapun sasaran dari program ini adalah masyarakat luas dapat berupa kelompok masyarakat, komunitas maupun lembaga yang berada di pedesaan. Karena Kemitraan merupakan cara yang sangat efektif untuk membangun desa, untuk membangun Suatu Desa memerlukan dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak . Diharapkan Masyarakat Desa Singapadu Tengah bisa mendukung program dari Universitas Warmadewa ini untuk kesejahteraan Masyarakat Desa Singapadu Tengah. Pada Pertemuan kali ini dibahas mengenai Pembebasan Lahan di Pinggir sungai untuk sempadan jalan, yang nantinya bisa di manfaatkan oleh warga untuk beraktifitas.

PPDM yang diketuai oleh I Wayan Parwata, Anggota I Wayan Wesna Astara, I Made Artawan dan Lilik Antarini. Tim juga di Bantu oleh Mahasiswa, Tim surveyor dan Tim Administrator.  PPDM Desa Singapadu Tengah rencananya akan membangun Jalan Tracking di tepi Sungai Pengubengan Br. Negari sampai di Br.Abasan, Program ini rencananya akan di bagi dalam beberapa Tahap Pertama Tahun 2019 akan dilaksanakan Penataan kawasan Jogging Track di kawasan sungai di Banjar Negari Singapadu Tengah, tahun 2020 Penataan areal kuliner & parkir disekitar sungai Banjar Negari Singapadu Tengah, tahun 2021 Pengembangan Arena Jogging track & Bersepeda serta tempat transit jogging & bersepda dan tahun 2022 Penataan Area Tubing alur sungai dan penyediaan fasilitas aktivitas tubing.

Selain itu juga hadir I Nyoman Sukma Arida dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana yang juga merupakan Putra Daerah, pada kesempatan kali ini Sukma Arida membagikan ilmu tentang mengembangkan Desa Wisata, dalam mengembangkan desa Wisata, harus menemukan keunikan yang menarik supaya bisa diceritakan ke Tourist sehingga tourist tertarik datang ke Desa Wisata Singapadu Tengah. Sukma Arida juga berharap Desa Wisata Bisa Berjalan dengan Baik supaya tidak hanya Sekedar SK dan Plang Nama saja dan Desa Wisata Harus Bisa Mensejahterakan Segenap Masyarakat yang ada didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: