POSYANDU LANSIA, UJUNG TOMBAK SEHATKAN LANSIA

Dalam Perda Lansia yang ditetapkan DPRD Provinsi Bali, intinya menjamin 100 persen kesejahteraan para lansia di Pulau Bali. Bahkan banyak poin penting yang diatur dalam Perda tersebut, untuk memastikan bahwa para lansia terurus baik serta tidak terlantar. Desa Singapadu Tengah sebagai salah satu desa di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Provinsi Bali sangat mendukung dengan ditetapkan Perda Lansia Tersebut.

Untuk menselaraskan dengan Perda Lansia Provinsi Bali Desa Singapadu Tengah akan memfasilitasi setiap Banjar dengan Posyandu Lansia, yang dimana Posyandu Lansia akan mengkoordinir Kegiatan Lansia  untuk tetap aktif dalam menjalani kehidupan. Posyandu Lansia juga akan melaksanakan Pengecekan Kesehatan secara berkala yang bekerjasama dengan Puskesmas.

Program yang akan diprioritaskan dalam Posyandu lansia adalah Senam Lansia Setiap Minggu sekali, Menurut para peneliti dari British Journal of Sports Medicine pada tahun 2014, orang lanjut usia, atau lansia, yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis. Selain itu, lansia yang aktif bergerak juga lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik, dan mentalnya juga masih terbilang baik ketimbang yang jarang olahraga. Senam lansia bisa menjadi salah satu cara bagi para lanjut usia ini untuk menggerakkan tubuhnya. Senam lansia adalah salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Meski namanya senam lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apa pun. Umumnya, senam ini memiliki gerakan dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya. Manfaat senam lansia antara lain meningkatkan jantung agar dapat memompa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal. (https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/senam-lansia-untuk-kebugaran/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: