Pelayanan Umum

  1. PERIZINAN

SURAT PINDAH

Dalam satu Desa/Kelurahan

  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah dengan formulir model F-1.08;
  • Melampirkan KK dan KTP;
  • Kepala Desa/Lurah menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang atas nama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Antar Desa/Kelurahan dalam satu Kecamatan

Ditempat Asal :

  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah dengan formulir model F-1.08;
  • Melampirkan KK dan KTP;
  • Kepala Desa/Lurah mengetahui dan membubuhkan tandatangan.

Ditempat tujuan :

  • Penduduk melaporkan kedatangan kepada Kepala Desa/Lurah tempat tujuan dengan menunjukkan Surat Keterangan Pindah dari tempat asal;
  • Mengisi dan menandatangani formulir pindah datang;
  • Kepala Desa/Lurah menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang.

 

Antar Kecamatan dalam Kabupaten

Ditempat asal :

  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah dengan formulir model F-1.08;
  • Melampirkan KK dan KTP;
  • Kepala Desa/Lurah mengetahui dan membubuhkan tandatangan.
  • Camat menandatangani surat keterangan pindah atas nama kepala Dinas.

Ditempat tujuan :

  • Penduduk melaporkan kedatangannya kepada Kepala Desa/Lurah tempat tujuan dengan menunjukkan Surat Keterangan Pindah dari tempat asal;
  • Mengisi dan menandatangani formulir pindah datang;
  • Kepala Desa/Lurah menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang dan meneruskan formulir permohonan pindah datang kepada Camat;
  • Camat menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang atas nama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan menembuskan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;
  • Dinas Kependudukan Catatan Sipil melakukan penarikan terhadap KK dan KTP yang bersangkutan untuk diadakan pergantian sesuai dengan tempat domisili yang baru.

 

Antar Kabupaten /Propinsi

  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah;
  • Melampirkan KK dan KTP;
  • Kepala Desa/Lurah dan Camat menandatangani formulir permohonan pindah sebagai dasar penerbitan Surat Keterangan Pindah oleh Kepala Dinas.
  • Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menerbitkan Surat Keterangan Pindah serta menyerahkan kepada penduduk.

Catatan : Masa berlaku Surat Keterangan Pindah selama 30 hari sejak diterbitkan dari daerah asal.

 

  1. KEPENDUDUKAN

    Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Kartu Keluarga wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya. Untuk memohon kartu KK baru, pemohon harus melampiri KK lama dan mengisi blangko KK yang baru dan Biodata Penduduk yang baru.

 

  1. SURAT MENYURAT

Selain administrasi dalam bentuk manajemen data dan informasi, Kantor Desa Singapadu Tengah juga memberikan layanan kepada masyarakat melalui administrasi surat menyurat diantaranya:

  1. Surat Pernyataan
  2. Surat yang berisi pernyataan seseorang (Warga Desa) dan diketahui oleh Kepala Desa yang bersangkutan
  3. Syarat: Menunjukkan dokumen kependudukan (KK atau KTP Singapadu Tengah),dan membawa surat pengantar dari Kelihan Banjar Dinas bersangkutan.
  4. Surat Keterangan

Surat yang berisikan keterangan mengenai sebuah peristiwa maupun kondisi tertentu yang menyangkut kepada seseorang (warga desa Singapadu Tengah) seperti:

  1. Keterangan Usaha
  2. Keterangan Pindah
  3. Keterangan Kematian
  4. Keterangan Ahli Waris
  5. Keterangan Berkelakuan Baik
  6. Keterangan Tidak Mampu
  7. Keterangan Tanah

Syarat: Menunjukkan Dokumen Kependudukan (KK atau KTP warga desa Singapadu Tengah) dan membawa surat pengantar dari Kelihan Banjar Dinas bersangkutan.

  1. Surat Pengantar/Rekomendasi
  2. Pengantar Kades Untuk Pengurusan Dokumen Kependudukan seperti KK, KTP, maupun Akta Kelahiran
  3. Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Kredit di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)
    Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Dana Pensiun seperti Surat Pengesahan Tanda Bukti Diri (SPTB) yang memerlukan tanda tangan Lurah
    Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Akta Nikah (NA)
    Surat-Surat Lain yang memerlukan tanda tangan Kades dan berfungsi sebagai pengantar untuk pengurusan urusan-urusan tertentu
    Syarat: Memenuhi segala persyaratan administratif urusan yang dimaksud.