Launching BUMDES Kesari Amertha Sari

Kamis (29/9/2018) Perbekel Singapadu Tengah Drs I Made Demontara, Ketua BPD I Wayan Nadaantara, Pendamping Desa serta Tokoh Masyarakat Desa Singapadu Tengah melaunching BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Kesari Amertha Sari Singapadu Tengah. BUMDES merupakan Badan usaha yang dibentuk oleh desa yang bertujuan untuk meningkatkan PAD Desa. kali ini. Jenis – jenis usaha yang akan dijadikan acuan dalam BUMDES adalah Warung Desa, Jasa Simpan Pinjam dan Jasa Samsat Kendaraan.

Disamiping untuk meningkatkan PAD Desa tujuan utama dari pembuatan BUMDES ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi angka pengangguran di desa Singapadu  Tengah, karena nantinya BUMDES akan banyak membutuhkan tenaga kerja.. Perbekel Singapadu  Tengah dalam sambutannya juga menekankan bahwa pembentukan BUMDES nantinya tidak akan ada benturan atau tumpang tindih dengan Usaha yang dikelola oleh Desa Adat. Bahkan menurut beliau program ini nantinya akan berjalan dan bersinergi dengan usaha yang dimiliki oleh Desa Adat, karena telah melakukan diskusi serta kesepahaman dengan Bendesa Se Desa Singapadu  Tengah. Ini merupakan wujud sinergi pemerintahan yang tujuannya untuk membangun Desa Singapadu Tengah yang mandiri.

Anggaran untuk tahun 2018 sudah dianggarkan sebesar Rp. 190.000.000,- dari APBDES, yang pemanfaatannya akan diserahkan ke panitia untuk program pembuatan anggaran dasar dan rumah tangga serta penyusunan pengurus dan merumuskan usaha apa yang diwujudkan di tahap awal. Serta pemerintah desa siap menganggarkan lagi di tahun 2019 demi terwujudnya cita – cita desa untuk kesejahteraan masyarakat Desa Singapadu  Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: